Selasa, 24 Mei 2011

pengalaman nyasar di kota sendiri


kalimantan timur
Hari ini berangkat kerja naik angkot, motor lagi dipakai kakak (emang motornya dia sih, kebetulan lagi pulang ke rumah), jadi yang nebeng ngalah…Dulu kalau naik angkot bisa cepat aja sampai tujuan, ngga seperti sekarang, selalu macet dimana-mana, tambah banyak kendaraan, ongkos angkot sekarang sudah Rp 3.000, dari pertama kali naik angkot Rp 300. Didaerahku kadang angkot masih banyak yang sebut taksi, karena penggunaan taksi sebagai angkutan dalam kota belum ada, yang ada kalau ke lain kota baru ada, pernah diajukan tapi para supir angkot demo dan tidak menyetujuinya, selain jadi saingan takut juga jalanan tambah macet tambah susah deh cari penumpang, yang ada bensin cepet abis. Sopir taksi angkot sekarang banyak yang mengeluh karena kurang penumpang, soalnya sekarang udah kebanyakan yang pakai motor sendiri, habisnya dapat motor gampang banget, pake DP Rp 500.000 juga bisa dapat. Alhasil, penumpang ngga dapat, macetnya iya.

Jadi ingat waktu masih pakai putih abu-abu, pertama kali pergi ke sekolah untuk pendaftaran ditemanin kakak biar ngga nyasar, soalnya waktu SMP sekolahku jaraknya 2 km dari rumah, jalan kaki ke sekolah, jadi jarang banget naik angkot, lagian jalannya lurus aja nggak ada belok-belok sepanjang 2 km itu, jadi pasti ketemu. Sekalipun naik angkot pasti sama kakak atau sama mama’ku, aku juga kurang tahu jalan.

Nah waktu SMA agak jauh, jaraknya kurang lebih 6 km, jadi harus naik angkot. Aku sudah dikasih tau naik angkot yang mana dan nama jalan yang harus disebutkan apa, trus juga ada kode tangan ketika kita setopin angkot, cuma ada dua sih kodenya, misalnya mau ke daerah sekolah ku, kalau dari rumah tangannya menunjuk ke belakang, jadi supir angkot udah tau, kalo ngga sama tujuannya dg sopir ya dilewatun aja. Waktu pertama kali pergi ke sekolah sendiri untuk penyelesaian pendaftaran sekolah, aku kelewatan tujuan. Karena masih pagi, jadi belum banyak yang datang, pas sudah dekat sekolah aku lupa-lupa ingat turunnya dimana, padahal ada plang nama sekolah gede dipinggir jalan tapi aku ngga lihat, sampai jauh kelewatan aku bingung sendiri, dalam hati perasaan kemarin ngga ada lihat ini deh sambil merhatiin jalanan, sampai aku tanya ke sopir angkot :

“pak ini sekolah saya sudah lewat ya?”
“wah sudah jauh ini de’, kamu stop disini aja trus naik angkot diseberang jalan” kata pak sopir

Orang-orang yang diangkot senyum-senyum semua, aku jadi senyum juga. Ternyata kami sudah dipersimpangan ke jalan lain, jadi aku langsung turun dan membayar ongkos, terus nyebrang jalan, dan naik angkot lagi balik ke sekolah, sekarang aku sebutkan nama sekolahku biar sopirnya tau dan aku perhatikan jalan betul-betul. Akhirnya sampai juga. Jadi rugi deh dua kali ongkos untuk satu tujuan.
Sampai akhirnya masuk masa sekolah hari pertama pakai putih abu-abu, aku pergi sendiri dengan segala kepercayaan diri dan rasanya seneng banget, wow sekarang sudah SMA hehe… Naik angkot lagi, sudah tau cara nunjuk dan nama jalannya, sampai dekat sekolah aku kembali bingung dengan sekolahku (sudah panik kejadian yang kemarin terulang, kan gawat bisa telat). Karena sekolahku berjejer dengan 3 sekolah lain, dijalan dekat sekolah banyak sekali anak-anak SMA yang berangkat sekolah, aku bingung yang ini kah sekolahku…??? Jadi aku memperhatikan murid-murid itu satu-satu, kali-kali aja ada yang kukenal (kebetulan supir angkot jalan pelan, kan banyak kendaraan yang stop dekat sekolah). Akhirnya aku melihat satu wajah yang dia adalah salah satu teman sekelasku waktu masa pendaftaran dan pembagian kelas. Karena lihat dia jalan kaki, aku yakin ini sekolahku, aku langsung bilang stop ke supir angkot, takut kelewatan lagi, mungkin karena panik aku jadi bingung sendiri. Akhirnya aku ikutin temanku itu dari belakang, belum kenalan sebelumnya, jadi malu mau menyapa. Selamat aku berhasil kesekolah dan tidak terlambat, senangnya….:)

Sebenarnya kejadiannya ngga cuma ini aku nyasar atau lupa, beberapa kali sih, bahkan pernah juga pas pulang  rumahku sendiri kelewatan. Aku memang sedikit buruk dalam mengingat jalan, sekarang aja kadang suka muter-muter kebingungan, ceritanya mau lewat jalan pintas eh malah jadi tambah panjang jalannya, karena salah belok dan kembali lagi ketempat semula, bukannya jadi datang lebih awal malah terlambat. Aku ngga bisa jadi guide kayaknya, bisa nyasar terus, tapi klo lagi nyasar atau nggak tau harus lewat jalan yang mana, aku tinggal sms or telpon temanku, ada dua orang, mereka itu kusebut “hantu jalanan”, karena misalnya mau kemana pasti tau jalan mana yg harus dilewati biar cepat sampai, nice friends…:) kadang aku mikir gimana kalo aku jalan-jalan kekota lain ya??? bisa-bisa nggak bisa pulang, harus bawa peta kayaknya…!!!

9 komentar:

  1. jadi inget pernahnyasar pas hari pertama masuk kerja, naik metromini. sampai kantor telat. padahal itu hari pertama jadi karyawan. hehhee

    BalasHapus
  2. klo nyasar jadi orang bingung kan...

    BalasHapus
  3. haha..angkot*taxsi)emang kadang ngebut sampai kadang kelewatan...jadi mata harus melek terus

    BalasHapus
  4. wahaha saya juga pernah kok nyasar di kota sendiri, tapi itu dulu waktu masih cupu. kalo sekarang udah agak paham sama kota sendiri B)

    BalasHapus
  5. ya ampun Mbak,..minum mizone biar selalu ingat jalan,..dunk, ga nyambung ya??hehehe..by the way ni kaltim ya mbak??daerah mana mbak??

    BalasHapus
  6. @I-oen & Ajlani : wah ternyata saya tidak sendirian haha..
    @kenia : ya deh nanti minum mizone saya suka tuh, iya ini kaltim saya di samarinda nya.

    BalasHapus
  7. Hehe saya sih belum pernah nyasar mbak dikota sendiri, wong saya sendiri jarang jalan2 keliling kota. Kalo pun keliling2 bareng sama temen, jadi gak nyasar :p

    BalasHapus
  8. Permisi, mampir dulu ah, hehe :)

    BalasHapus
  9. Wach Mbak sama ya denganku, aku suka disorientasi tempat. Mungkin waktu pelajaran arah mata angin aku nggak lulus, hehe....
    Sering nyasar kalau ketempat baru :)
    Mesti wanti-wanti kalau pergi sendiri....

    BalasHapus