Jumat, 20 Mei 2011

Jebakan maut…


Mungkin sering dengar berita banyak jalan diperkotaan yang rusak, becek, berlubang dan sebagainya, yang intinya tidak nyaman untuk dilewati. Aku juga mengalaminya, ini adalah Jalan Banggeris yang selalu kulewati dengan motor. Aku pilih jalan ini karena bisa menghindari kemacetan panjang dijalan utama. Tapi sayangnya bukan jalan yang mulus, banyak lubang, besar dan dalam, kalau tidak hati-hati bisa jatuh. Aku belum pernah jatuh tapi sering tertipu, apalagi kalau habis hujan lubangnya tidak kelihatan, hasilnya duk duk duk, dan aaauuuu langsung terasa sakitnya dipinggang, seperti habis jatuh dari tempat tinggi. Huh…paling sebel kalau mengalami hal itu.
Tapi karena sudah sering lewat aku sekarang sudah mulai hafal dengan lekuk-lekuk jalannya, jadi bisa mengurangi ketidaknyamanan. Dan sekarang, oleh masyarakat sekitar jalan yang berlubang ditimbun tanah yang banyak dan ditanam dua pohon pisang, jadi hanya motor yang bisa lewat pinggir-pinggirnya, mobil tidak bisa lewat sama seklai. Dalam hati, aku bergumam “akhirnya tumbuh juga pohon pisang dijalan ini, seperti dijalan-jalan lainnya”. Didepan pohon pisang diberi tulisan “tanah dikapling untuk DPR”, mudahan aja si “DPR” melihat, karena gedung DPRD  itu tidak jauh dari jalan ini. Sementara di pohon yang lainnya tertulis “batu bara aja dikeruk jalanan rusak”. Ya begitulah Kalimantan Timur sebagai salah satu penghasil batubara terbesar di Indonesia, tapi jalannya banyak yang rusak, belum lagi si pak Gubernur yang ngebet bikin tol Samarinda-Balikpapan, padahal jalan yang ada masih mulus banget untuk dilewati, tapi itu doang, sedangkan jalan trans Kalimantan yang lainnya hancur minah, meski banyak yang menentang karena banyak dampak buruknya terhadap lingkungan, belum lagi ijin2nya yang belum tuntas, dan yang lainnya, hampir setiap minggu berita dikoran itu melulu, tapi tetep dicuekin. Aku sendiri jadi bingung. Mungkin ya kalau ada pengusaha yang baik hati dan banyak duit baikin tuh jalanan, paling-paling hanya nol koma persen dari hartanya. Habisnya wakil rakyat tidak bisa diandalkan, kerjanya hanya menampung aspirasi saja trus disimpan atau dibuang, sama sekali tidak perduli dengan keadaan. Huh menyebalkan, aku doa kan semoga mereka terbuka hatinya dan segera bertindak!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar