Sabtu, 21 Mei 2011

penantian panjang

 
Ini adalah calon buah anggur ku, begitu melihat ada buahnya waaaaa….rasanya senang banget. Setelah sekian lama berbuah juga, tidak sia-sia penantianku selama ini, lebay. Meskipun nggak banyak, tapi ini termasuk banyak dari sebelummnya, tadinya pernah berbuah ada dua pucuk, masing-masing berisi 4 butir dan 3 butir, itupun masaknya kecil banget, satu ruas jari kelingking. Meskipun yang ini masih kecil banget, aku berharap bisa lebih besar dari yang sebelumnya, dan buahnya bisa banyak. Ada beberapa pucuk kali ini, sekitar 5 pucuk, dan setiap pucuk banyak calon buahnya, mudahan besok-besok masih nambah lagi, karena sebelumnya baru ketemu dua pucuk aja, eh pas hari ini lihat sudah nambah lagi.Jadi beberapa hari ini setiap hari aku pasti ngecek setiap detil batang pohon anggurku, kali-kali aja ada nambah lagi pucuk calon buahnya. Yang pasti nggak sabar nunggu panen.Umur pohon anggur ku ini sudah lama, lebih dari dua tahun sejak pertama aku dapat bibitnya. Awalnya sih dicuekin aja didalam polibek, sampai akhirnya kupindah ke dalam pot yang terbuat dari ban bekas. Melihat batangnya terus menjalar dan daunnya besar-besar rasanya senang banget, belum membayangkan buahnya, sampai akhirnya aku coba untuk membuat tempat menjalarnya batang anggur. Aku punya buku tentang cara menanam anggur, tapi nggak pernah mengikuti instruksinya dengan serius, jadi bukunya disimpan aja, mungkin itu yang buat pohonku lambat berbuah, soalnya nggak dirawat dengan benar dan nggak pernah dikasih pupuk. Paling-paling kadang disiram air cucian beras atau dikasih rumput-rumput atau bahan-bahan sisa organik. Sampai ada yang kasih tau, kalau mau berbuah lebat pohon anggurnya harus dipangkas semua daunnya, nanti setelah dipangkas akan tumbuh daun baru dan nggak lama akan berbuah, aku coba dan sekarang terbukti. Mama’ku suka ngolok kalau tanamanku itu ngga ada buahnya, katanya mendingan beli aja daripada ribet nanam, tapi kubilang beda rasanya makan hasil tanaman sendiri, sekarang sih mama’ku senang juga anggurku berbuah. Aku masih menunggu dengan sabar....:)
nb.fotonya diambil dari atas, batang yang ada buah aku sangkutkan ke atas, soalnya mulai menjalar mendekati pagar tetangga



Tidak ada komentar:

Posting Komentar