Rabu, 27 April 2011

berkarya untuk diri sendiri

Sudah dari beberapa tahun yang lalu saya mengenal tentang blog, dari sekian banyak yang dibaca, cukup menyenangkan, ceritanya seru-seru, terutama cerita tentang perjalanan, pengalaman-pengalaman menarik, tentang tanaman, tentang kreasi kerajinan tangan, hal-hal lucu, dimana semuanya bagus dan yang pasti menambah pengetahuan. Sudah pernah buat blog tahun 2007, tapi karena sampai dua tahun nggak ada isinya, entah waktu itu ngapain aja, makanya dihapus, soalnya malu, masa nama blognya ada tapi nggak ada isinya, sebatas menulis tentang diri sendiri saja bingung apa yang mau ditulis.
Sampai akhirnya saya memutusklan untuk membuat blog lagi, tapi dengan tekat kuat harus bisa menulis, kalau bisa setiap hari harus ada satu tulisan, meskipun belum bisa begitu. Karena kembali ke kalimat “bingung mau menulis apa”. Dari beberapa blog yang saya baca, bahwa untuk mengisi blog boleh ditulis dengan tulisan apa saja, asal tidak menyinggung SARA. Jadi mulailah tambah sering blog walking kemana-mana, meskipun jarang meninggalkan komentar, karena kadang-kadang merasa tidak berkompeten untuk berkomentar. Tapi sekarang sudah mulai sedikit-sedikit berkomentar.
Dari acara blogwalking tadi, sudah sampai kemana-mana bacanya, sampai komen-komen dibaca tuntas, apalagi kalau postingannya menarik biasanya komennya juga menarik. Ketika blogwalking kadang sangkut di iklan-iklan yang katanya internet bisa bikin cepet dapet duit, tergiur juga sih..:) tapi setelah dipikir betul-betul dan dibaca-baca, tetap aja kalau mau dapat duit harus usaha/ kerja keras dulu meskipun dengan modal kecil atau modal dengkul doang (tapi entar dicoba ah kali aja bisa), kadang sangkut di blog handycraft tertarik untuk mencoba membuat juga, sangkut juga di blog tentang tanaman dipekarangan rumah karena kebetulan saya juga suka menanam dirumah, sampai akhirnya balik lagi ke fokus penulisan untuk blog, tambah banyak aja bacaan-baru yang belum pernah tau sebelumnya. Dari situ banyak ide berseliweran dikepala. Ketika memulai…..kembali lagi bingung dikalimat pertama hehe.
Akhirnya langsung saja mengetik apa yang ada dikepala, tidak terasa jadi beberapa kalimat, ternyata gampang-gampang susah ya untuk menulis, ya intinya adalah harus dilatih dan terus dicoba, harus selalu langsung action biar ada hasilnya.
Untuk mencari bahan apa yang akan ditulis, sekarang jadi lebih peka dengan sekitar, kalau lagi jalan lihat sana-sini, sambil mikir-mikir apa yang bisa dijadikan bahan tulisan, biar blog tidak kosong dan sedikit bernyawa.
Menulis blog ini lebih kepada pengembangan pribadi biar hidup lebih dinamis. Apalagi kalau bisa bermanfaat bagi orang lain, kan saya juga sedang mengambil manfaat dari orang lain, jadi mungkin sekarang saatnya orang lain bisa mengambil manfaat dari saya (pede abis). So…semangat ngeblog harus tetap ada, berusaha berkomitmen atas janji diri sendiri.

Note: Tulisan ini dikutsertakan dalam  Blog Return Contest yang disponsori oleh www.denaihati.com

11 komentar:

  1. setuju dg menulis di blog bisa membagikan ilmu dan saat kita bw ke blog orang lain kita pun tambah wawasan dan ilmu

    BalasHapus
  2. bener bgt mbk,..ngeblog hrs bermanfaat buat byk org..jg diri ndiri!
    slm kenal..:) smg bs menang ya mbk..

    BalasHapus
  3. amin...salam kenal juga ya...:)

    BalasHapus
  4. hahahaha......, santai aja Mbak, tetap pede dong. jangan takut untuk menuLis maupun berkomentar, semua orang memiLiki keLasnya sendiri-sendiri. tinggaL bagaimana cara memberikan kebijakan argumentasi maupun persepsi.

    BalasHapus
  5. wah bener menulis adalah berbagi.

    BalasHapus
  6. mampir lagi..baru sadar kalo tulisan ini dilombakan.

    BalasHapus
  7. tetap jadi diri sendiri aja,hehe
    emang blog luar biasa..
    salam kenal ya

    BalasHapus
  8. Siip Mbak, bermanfaat untuk diri dan sekitar....salam kenal dan tetap semangat :)

    BalasHapus
  9. @mba fanny : iya mba ini coba2 ikutan
    @all : thanks udah mampir, ini komen terbanyak dari semua posting, jadi senang

    BalasHapus