Senin, 23 Januari 2012

jambu fresh from the tree everyday

JAMBU......aneka macam jambu aku suka, termasuk jambu biji.
aku senang, belakangan ini jambu biji disamping rumah selalu berbuah, ngga ada habisnya, makin hari buahnya makin besar, pertama kali berbuah masih kecil-kecil sudah mateng, sekarang lumayan besar buahnya baru mateng.
aku sukanya yang masih hijau gini, tepatnya hijau muda, rasanya manis, seger, krenyes-krenyes, jadi nggak cuma ayam goreng tepung doang yang krenyes-krenyes hehe....kalau yang sudah kuning kurang mantap menurutku hehe
apalagi setelah didinginkan dikulkas, segerrrr banggettt...
aku kalau makan jambu biji ini, sama biji-bijinya kumakan rakus ya...hehehe....:)
habisnya bijinya juga manis, kata orang nanti usus buntu, alhamdulillah ngga tuh sampai sekarang, padahal dari kecil aku selalu makan jambu biji sama biji-bijinya
mungkin perutku hebat mengolahnya, jadi biji jambu bener-bener halus diproses jadinya nggak usus buntu hehehe...:)
 paling nggak setiap hari ada 2 sampai 3 buah yang sudah siap dipetik,

jadi setiap pagi dan sore aku kontrol buahnya, 
mana yang siap dipetik mana yang kira2 beberapa hari lagi siap dipetik, 
kadang aku cek pagi, sore sudah berubah warna jadi lebih muda, apalagi kalau matahari bersinar cerah, bisa lebih cepat matengnya



 nah ini dia calon-calon jambu ku yang bentar lagi siap dipetik
aku masih bersaing dengan para "kompetitor" lain, karena pohonnya didepan jadi banyak mata yang sudah mengintai, kalau kalah cepat bisa ngga dapat 
apalagi disebelah rumahku ini banyak anak-anak kecil belajar mengaji
ya seperti yang ditulisanku sebelumnya tentang jambu biji ini juga
syukurnya jambu-jambu ini seperti mengerti maunya yang punya
sebagian buahnya muncul dibalik daun, jadi dari luar ngga kelihatan, kecuali pohonnya didatengin dan dicari-cari dimana buahnya sembunyi....
tapi kadang buah yang sudah kupetik kutaruh didekat pintu aja, terus kutungguin anak-anak yang pulang ngaji, terus kukasih deh ke mereka sok baik gitu hehe...:) soalnya mama'ku juga sering begitu jadi anaknya ngikutin hehe...:)
kasian juga tiap hari mereka ngeliatin jambu setiap datang dan pulang ngaji hehe...:)


 sekarang pohon jambu ini semakin merunduk seperti padi
semakin berisi semakin merunduk,
jadi kalau mau cek buahnya gampang banget, kadang bisa kupegang masih ditangkai, 
kulihat deket-deket untuk memastikan kematangan yang aku mau,
bahkan ada daunnya yang sudah nempel ke tanah

 nah ini dia....yang lain belum mateng sudah mulai muncul lagi bunganya 
si calon buah baru, 
aku cuma bisa bersyukur, bisa makan jambu biji tiap hari....:)
thanks God....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar