Rabu, 22 Februari 2012

pisang mahuli


 pohon pisang yang pertama kutanam dulu ternyata pisang hutan kata mamaku 
soalnya buahnya penuh dengan biji,  so...percobaan pertama gagal

terus aku dikasih bibit pisang mahuli ini dari kakakku ada dua pohon
aku tanam disamping rumah satu didepan dan yang stau lagi agak dibelakang
yang pertama sudah berbuah nih, aku sebenarnya nggak nyangka kalau pisangku akhirnya berbuah juga

 
 ini yang didepan sudah berbuah duluan

aku nggak menghitung berapa lama tumbuhnya
pokoknya tiba-tiba dia berbuah, seperti ngga terasa
nggak pernah juga dikasih pupuk, paling-paling ku beri sisa-sisa daun kering
 tuh sudah ada yang kuning satu....



mama'ku bilang ini harus sudah dipetik nanti masaknya ngga barengan
dan bisa jadi sasaran burung, oh tidak bisa.....itu tidak boleh terjadi
akhirnya dieksekusi


 setelah diperam beberapa hari gini nih hasilnya
hmmmm..... aku gemmmesss banggettt liat pisang-pisang ini
gemuk-gemuk banget ya....sampai ada yang pecah loh buahnya saking gemuknya
 
 ditaruh diwadah bekas parcel
biar lebih cantik eksyennya hehe....:)
aku paling suka pisang jenis ini
maniiissss banget......:)
apalagi dari hasil kebun sendiri, rasanya tambah manis lagi ... lebay.com
 

 ini foto pohon pisangnya dan sudah ada anaknya
padahal anaknya ada banyak karena kebanyakan aku tebangin dan kutinggalin satu 
mama'ku sudah ngelarang supaya jangan dipotong semua, mungkin kalau dari awal anak-anaknya ngga kupotong, bisa panen lebih banyak dan lebih cepat karena ngga perlu nunggu lama anak-anak pisangnya tumbuh....
yah begitulah kalo ngga nurut kata-kata orang tua, nyesal sendiri deh....:(

 habis dipetik buahnya langsung dieksekusi pohonnya
karena sudah ngga bisa berbuah lagi, jadi tinggal yang satu ini
tapi sebenarnya masih ada tunas-tunas lainnya disekitar pohon ini tapi ngga kelihatan
kecil-kecil masih dan kali ini ngga aku potong deh hehe...:)
 habis dieksekusi langsung aku mutilasi batang pisangnya hehe....
terus dijadikan pupuk untuk anak-anaknya...
ini kanibal atau bukan ya??? kayaknya bukan deh, 
kan emang begitu siklus hidup pisang hehe....:)

 
 nah kalau yang ini pisang yang satunya, yang agak dibelakang dekat jemuran tetangga
untung aja pas ambil foto bukan pas bagian 'cd" yang dijemur hehe....
oh ya...aku juga baru tau kalau pisang sudah berbuah dan kelihatan sudah cukup besarnya, harus dipotong bagian tongkolnya yang bisa dibuat sayur itu..
 supaya buah yang ada bisa tumbuh dengan sempurna dan makanan dari tanah yang didapat bisa full untuk pisang-pisangnya, ini mamaku yang kasih tau...
hmmm....aku pikir tongkolnya dibiariin aja sampai habis hehe...

ini sudah lumayan buahnya, mungkin masih satu bulan sudah bisa dipetik
aku sabar kok nungguinnya kalau mengingat nanti jadinya gimana....:)
ayo teman tanam pisang dirumah ngga perlu lahan luas kok 
hasilnya ngga cuma enak dilidah tapi juga enak dihati....:)

1 komentar:

  1. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus